Review Vietnam Drip : Kreatifitas Dari Krisis Ekonomi Vietnam

Review Vietnam Drip – Seperti yang kita tahu bahwa vietnam drip merupakan salah satu alat penyeduhan kopi yang berasal dari vietnam. Sangat familiar sekali bagi yang sering nongkrong di coffee shop ataupun penikmat kopi bentuk dan desain dari vietnam drip ini.

Bermula dari krisis ekonomi akibat perang berkepanjangan tahun 1957 sampai 1975 sehingga kesulitan sekali warga vienam untuk tetap bisa meminum kopi. Sedangkan di tahun 1960 Italia sudah menemukan alat canggih pembuat kopi yaitu mesin espresso dan terkenal samapi ke vietnam.

Dari situlah bermula karena harga kopi yang diseduh menggunkan mesin espresso sangat  mahal, dan tidak memungkinkan juga untuk dikonsumsi karena sedang berada dimasa krisis, akhirnya warga vietnam menemukan ide kreatif untuk menciptakan alat seduh yaitu vietnam drip.

Kali ini mimin bakal review-in vietnam drip yang dibeli sekitar 1 bulan yang lalu. Desainnya bagus dan harganya yang affordable banget deh buat ada dirumah. Mimin belinya di official store tokopedia, langganan banget klo mau beli alat-alat kopi. Vietnam yang dibeli polos ya, gak ada merk yang tertanam dialatnya yang seringkali membuat harga menjadi lebih mahal.

Review Vietnam Drip

Kualitas dan Kapasitas Vietnam Drip

Vietnam drip yang dibeli berukuran 200ml termasuk ke ukuran XL dan memiliki bodi yang terbuat dari stainless steel yang kuat. 

review vietnam drip

Terdapat Lock System / Sekrup

Memiliki sistem kunci berguna untuk mengunci dan memadatkan bubuk kopi agar tidak berhamburan ke atas. Untuk menggunakannya tinggal diputar saja tapi diharapkan jangan mengunci terlalu padat karena bisa menghambat laju air untuk turun ke bawah

Ukuran Lubang Saringan

Ukuran pastinya saya tidak tahu namun bisa dilihat pada gambar bahwa diameternya seperti itu. Bubuk kopi yang dihaluskan medium/seperti butiran garam masih bisa digunakan tidak akan ikut terbawa bersama air.

Biasanya saya menggunakan rasio 1:12. Untuk 1 cangkir yang saya minum 13 gram kopi dan 156 ml air.

saringan vietnam drip

Cara Penyeduhan Vietnam Drip

1. Tuangkan susu kental manis pada cangkir sekitar 2-3 sdm.

2. Kemudian letakkan vietnam drip diatas cangkir

3. Masukkan bubuk kopi medium / seperti butiran garam. Lalu padatkan dengan tamper dengan cara diputar. Tapi jangan terlalu padat. 

4. Tuang air panas dengan suhu sekitar 90℃. Biasanya saya melakukan 2 kali proses yaitu pertama 30 ml untuk proses oksidasi lalu sisanya dituangkan disesuaikan dengan sisa air yang ada. Biarkan kopi menetes ke cangkir.

5. Terakhir kamu tinggal aduk dan nikmati kopi vietnam drip yang kamu buat sendiri.

*Apabila tidak menggunakan susu kental manis, wajib banget buat diaduk karena rasa kopi yang ada dibawah dan diatas gelas bisa berbeda.

Worth it banget buat kamu beli dan digunakan dirumah, harganya 110rb sangat sesuai dengan kualitas dan experience-nya. Kualitas yang ada nama brand di vietnam drip nya sama dengan kualitas vietnam drip polos yang saya beli. Harga mahal karena ada nama brand saja.

Leave a comment

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *