Mengapa Ketel Leher Angsa Berperan Penting Dalam Penyeduhan V60

pentingnya ketel leher angsa
Share on facebook
Share on twitter
Share on pinterest

Pentingnya Ketel Leher Angsa – Kettle Gooseneck menjadi sebuah alat kopi yang sering kita lihat dalam penyeduhan di rumah ataupun coffee shop. Mungkin beberapa orang beranggapan bahwa ketel apa saja atau jenis apapun tidak memengaruhi rasa dari kopi itu sendiri.

Pedahal sebenarnya, kettle gooseneck ini berperan penting terutama pada metode penyeduhan pour over salah satunya adalah V60. Ketel ini membantu mendapatkan hasil maksimal dari secangkir kopi yang anda seduh.

 

Kettle Gooseneck, apabila anda memaksimalkan penggunaannya maka hasil seduhan anda akan lebih maksimal dan mengeluarkan taste note yang terkandung dalam biji kopi. Tidak hanya itu, kita bisa mengatur rasa untuk mendominasi dari secangkir kopi yang kita seduh. Itulah pentingnya ketel leher angsa untuk penyeduhan pour over karena memberikan water flow yang baik.

pentingnya ketel leher angsa

 

Apa itu Gooseneck Kettle?

Memiliki sebuah ketel leher angsa, bagi pecinta kopi pemula mungkin seperti membuang-buang uang. Mungkin Berpikir seharusnya budget bisa digunakan untuk alat kopi lainnya. Mereka merasa bahwa gooseneck kettle hanya mensugesti kita untuk merasa bahwa ada rasa yang berubah setelah menggunakannya.

Ketel jenis ini, mudah sekali untuk digunakan dan bisa dikatakan menjamin untuk menghasilkan rasa yang terbaik. Jika dibandingkan kita menggunakan ketel yang water flow nya tidak bisa kita atur.

Mengapa dikatakan gooseneck kettle?. Sederhananya sih ketel yang memiliki leher panjang dan sempit menyerupai leher angsa dikehidupan nyata. Ketel ini memang dirancang khusus untuk penyeduhan kopi.

 

Mengapa Anda Membutuhkan Ketel Leher Angsa?

Bagi kamu yang menyukai metode penyeduhan pour over, akan sangat membantu sekali ketel leher angsa ini untuk memunculkan rasa yang terkandung dalam biji kopi. Sebelum anda membeli gooseneck kettle, lebih baik pahami dulu metode penyeduhan apa yang sering kamu gunakan atau ingin kamu pelajari.

Jika kamu hanya mempunyai alat seduh french press, aeropress, flair, rockpresso, dan lainnya mungkin kettle ini tidak direkomendasikan untuk anda miliki sekarang karena tekanan air yang diberikan tidak memengaruhi rasa dari kopi itu sendiri.

 

Memberikan kontrol penuh

Kita bisa bandingkan antara gooseneck kettle dengan ketel biasa saat melakukan proses penyeduhan, Kettle biasa memberikan water flow yang berantakan atau berlebihan sehingga akan merusak rasa dari kopi bahkan tidak ter-ekstraksi secara merata.

Berbeda dengan ketel leher angsa yang memberikan kendali penuh terhadap laju air dan lebih akurat untuk menuangkannya kedalam bubuk kopi.

 

Ektraksi yang lebih baik

Seperti yang telah saya siggung sebelumnya bahwa kettle leher angsa ini memberikan hasil ektraksi yang lebih merata. Ketel ini berguna untuk memastikan bahwa air tidak hanya ditambahkan secara bertahap dan ber-ritme saja tetapi dilakukan secara teknis. Pernah dengar, bahwa menuang air dengan arah jarum jam memberikan hasil terbaik untuk kopi?

 

Memberikan Konsistensi

Laju air yang bisa kita kontrol memberikan konsistensi secara akurat terhadap kopi karena kopi yang kita tuang mengeluarkan volume air yang selalu sama sehingga hasil ektraksi akan lebih konsisten. Ketel biasa tidak akan memberikan rasa yang seimbang pada setiap penyeduhan, hari ini enak belum tentu besok memiliki rasa yang sama.

 

Rasa Kopi Lebih Baik

Dengan menuangkan air secara merata dan memberikan flow yang sama, mendorong keseimbangan karena semua ampas atau bubuk kopi bisa terektraksi dengan jumlah dan perlakuan yang sama. Sehingga kamu tidak akan merasakan kopi yang terlalu asam dan pahit hanya karena beberapa bubuk kopi mengektraksi secara berlebihan.

Kita tidak bisa memberikan pusat perhatian pada kettle gooseneck saja. Ada variabel lain yang harus diperhatikan untuk mendukung penyeduhan yang lebih baik yaitu grind size kopi dan suhu air. Itulah beberapa kegunaan ketel leher angsa untuk menghasilkan seduhan yang lebih baik.

Share this post with your friends

Share on facebook
Share on google
Share on twitter
Share on linkedin

Related Post

Leave a comment

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Ikuti Kopi Berjajar Sekarang Juga!

Dapatkan Notifikasi untuk informasi terbaru dari kami seputar kopi melalui email.

Ikuti Kopi Berjajar Sekarang Juga!

Dapatkan Notifikasi untuk informasi terbaru dari kami seputar kopi melalui email.

Home Office

Jln. Guntur Kp.Sindang Heula no 405, Sukamentri, Garut Kota, Garut. Jawa Barat. Indonesia 44116

Layanan

  • Pasang Banner
  • Review Produk Kopi
  • Review Coffee Shop

Informasi

Tentang

  • Tentang
  • Kebijakan Privasi
  • Achievement
  • Promo Sepesial
  • Kontak Kami

Copyright ¬© 2020 kopiberjajar.com. All rights reserved‚Äč