Mengenal Apa itu Barista dan Tugas dari Barista Kopi

Pengertian Barista

Peracik kopi atau barista merupakan sebuah profesi/pekerjaan untuk membuat dan menyajikan kopi di kedai atau coffee shop. Barista adalah sebuah kata dalam bahasa italia untuk  “bartender.” Barista di Italia sebagai penyaji minuman segala jenis tidak hanya kopi. Berbeda dengan Amerika Serikat, istilah “barista” umumnya hanya digunakan untuk mereka yang menyajikan khusus minuman kopi.

Seorang peracik kopi harus melalui pelatihan barista entah diajarkan oleh karyawan lama maupun ada kursus tersendiri dari pemilik kedai kopi. Barista menjadi kunci keberhasilan untuk sebuah kedai kopi karena rasa dan penyajian kopi dipengaruhi oleh pengetahuan dari baristanya itu sendiri sehingga diharapkan bisa memberikan engagement lebih untuk membuat pelanggan bisa datang kembali ke coffee shop.

Tugas Baristaapa itu barista

Menyeduh dan Menuangkan Kopi

Pelanggan akan tertarik saat barista mulai menyeduh kopi baik menggunakan alat manual maupun otomatis. Dalam hal penyajiannya pun seni dari barista harus ditunjukan kepada pelanggan seperti latte art. Tidak hanya menguasai untuk membuat kopi saja, barista juga harus bisa menyajikan minuman selain kopi.

Memberikan Pelayanan Terbaik

Penting sekali untuk pemilik kedai kopi mendidik para baristanya untuk ramah terhadap pelanggan. Setidaknya menyapa selamat pagi, siang, atau malam ataupun menanyakan kabar hari ini. Selebihnya memang akan bagus jika barista bisa akrab dengan pelanggan-pelanggan royal nya. Membuat pelanggan nyaman menjadi faktor terpenting serta barista yang ramah juga akan membuat pelanggan baru bisa bertanya rekomendasi kopi yang cocok.

Menjelaskan Menu yang ada di Kedai Kopi

Memberikan penjelasan yang lebih detail terhadap menu-menu yang ada merupakan bagian dari tugas dan tanggung jawab barista. Biasanya pelanggan bertanya jika menu ini rasanya gimana, klo dibandingin dengan menu ini recommended yang mana dan sebagainya. Serta barista juga memberikan rekomendasi kepada pelanggan apabila mengalami kebingungan dalam memilih menu entah karena pemula atau memang menu yang disediakan terlalu banyak.

Memberi Pengetahuan Tentang Kopi Kepada Pelanggan

Di depan bar biasanya kedai kopi menyediakan biji kopi untuk disentuh atau dilihat oleh pelanggan yang akan memesan. Barista harus bisa memberikan penjelasan jika pelanggan bertanya tentang kopi yang tersedia di kedai.

Menjaga Kebersihan Peralatan

Tidak hanya mengoperasikan alat yang ada saja, tapi barista juga bertanggung jawab untuk merawat alatnya. Setiap kali selesai menghidangkan kopi, diharapkan selalu dibersihkan mulai dari gelas, pour over cone sampai mesin espresso sekalipun sebelum menggunakannya lagi.

Mengurus Transaksi dari Pelanggan

Ketika pelanggan masuk ke coffee shop, barista harus mengarahkan untuk melakukan pemesanan serta menyelesaikan transaksinya. Biasanya barista memberitahukan pesanannya ke rekan kerja untuk segera dibuatkan atau mungkin barista tersebut yang menyajikannya sendiri.

Membersihkan Area Coffee Shop

Barista biasanya bertanggung jawab untuk membersihkan area kedai saat jam tutup dan dilakukan secara bergantian seperti halnya piket. Apabila terdapat coffee shop yang menyediakan slot duduk untuk pelanggan di meja bar, barista harus rutin untuk lap meja bar agar selalu terlihat bersih.

Melatih Karyawan Baru

Barista senior diharapkan bisa membantu dengan memberikan pelatihan barista secara mandiri agar bisa menggunakan alat-alat yang digunakan untuk membuat dan menyajikan kopi dengan baik. Jika barista tersebut melakukan keasalahan karena ketidaktahuan, tentu barista senior harus bertanggung jawab dan mencari solusinya.

Itulah pembahasan mengenai apa itu barista dan tugas dari barista. Jika ada hal yang ingin ditambahkan atau ada kekeliruan silahkan berkomentar. Bagikan juga keteman dan media sosial kamu biar mereka tahu barista itu apa.

Leave a comment

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *