Manfaat dan Efek Samping Kopi Hitam Tanpa Gula

Share on facebook
Share on google
Share on twitter
Share on linkedin

Kopi hitam identik dengan rasa yang pahit, namun dibalik itu semua terdapat manfaat dari kandungan kopi. Tidak hanya orang tua yang menyukai kopi hitam, para remaja pun kini mencoba dan mulai tertarik. Untuk mendapatkan khasiat  kopi hitam, pastikan bahwa dikonsumsi tanpa gula. Kamu bisa mencoba kopi liberika dan kopi excelsa untuk mendapatkan rasa kopi yang lebih pahit dari kopi lainnya.

Selain yang kita kenal bahwa manfaat minum kopi hitam untuk menghilangkan kantuk, ada manfaat lainnya yang membatu tubuh untuk tetap bugar dan sehat. Kopi memiliki efek samping jika kamu mengonsumsi secara berlebihan.

 

Manfaat Kopi Hitam Tanpa Gula

Meningkatkan kesehatan jantung

Penelitian menyebutkan bahwa dengan meminum satu hingga dua cangkir kopi hitam setiap harinya bisa mengurangi resiko terkena berbagai penyakit kardiovaskular termasuk stroke.  Walaupun mengonsumsi kopi hitam secara teratur dapat meningkatkan tekanan darah, tapi efek ini akan berkurang seiring berjalannya waktu.

Menurunkan risiko diabetes

Penurunan risiko diabetes ini bisa mencapai 23-50 persen bahkan beberapa studi menyebutkan bisa sampai 67 persen. Manfaat kopi hitam apabila dikonsumsi bisa untuk menurunkan risiko terkena diabetes tipe 2.

Meningkatkan memori

Kopi hitam dikenal memiliki manfaat untuk meningkatkan daya ingat.  Kopi hitam akan membuat saraf tetap aktif sehingga mengurangi terkenanya penyakit yang berkaitan dengan daya ingat seperti alzheir, Demensia, dan Parkinson. Dengan rutin mengonsumsi kopi hitam akan menjaga kondisi otak tetap bugar dan sehat.

Melindungi hati

Berdasarkan penelitian, mengonsumsi 4 cangkir atau lebih kopi hitam setiap harinya memiliki risiko 80% lebih rendah terkena penyakit hati.  Hal tersebut bisa terjadi karena kandungan dari kopi hitam bisa membantu menurunkan kadar enzim hati yang berbahaya yang bisa ditemukan dalam darah. Asupan kopi hitam secara teratur juga bisa mencegah kanker hati, penyakit hati berlemak, hepatitis serta sirosis alkoholik.

Membersihkan perut

Kopi merupakan minuman diuretik dimana semakin banyak dikonsumsi maka semakin sering juga untuk buang air kecil. Dengan begitu, racun dan bakteri akan dikeluarkan setiap buang air kecil.

Kaya akan antioksidan

Kandungan antioksidan yang kaya membuat kopi hitam memiliki manfaat untuk kesehatan. Kita bisa menemukan antioksidan kuat didalam kopi seperti Kalium, Magnesium, Vitamin B2, B3, dan B5.

 

Efek Samping Kopi Hitam Tanpa Gula

Sulit Tidur

Semua orang sudah tahu bahwa efek samping mengonsumsi kopi adalah kesulitan untuk bisa tidur. Kamu bisa membatasi konsumsi kopi dengan 2 cangkir perhari dan menghindari meminum kopi hitam di malam hari.

Kenapa kopi hitam bikin sulit untk tidur? Karena kafein dalam kopi merupakan jenis obat stimulun yang bekerja dengan menghambat kerja dari adenosine receptor di dalam tubuh. Adenosine merupakan senyawa yang membuat rasa kantuk.

Jantung berdebar

Mengonsumsi kopi membuat jantung bekerja secara aktif, jika berlebihan dalam mengonsumsi kopi hitam mungkin kamu akan merasakan detakan jantung yang cepat. Seperti yang sudah dikatakan sebelumnya, sehari hanya dianjurkan 2 cangkir kopi hitam perharinya.

Gugup, gelisah dan mudah tersinggung

Sakit perut

Sakit kepala

Tremor otot

 

Semua efek samping ini disebabkan karena mengonsumsi kopi hitam yang berlebihan. Diingatkan lagi bahwa konsumsi kopi hitam hanya 2 cangkir perharinya agar bisa menikmati dengan mendapatkan manfaatnya.

Leave a comment

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *