Karakter dan Manfaat dari Kopi Toraja

Kopi Toraja merupakan salah satu kopi Indonesia yang mendunia. Kopi ini berasal dari tanah Toraja, Sulawesi Selatan tepatnya di sebelah utara Makassar.  Kopi ini ditanam di ketinggian mencapai 1400-2100 mdpl serta di kawasan tanah vulkanik di pegunungan Sasean. Sehingga tak heran Cita rasa dari kopi toraja sangat nikmat dan khas. 

Proses panennya yang selektif sehingga hanya yang benar-benar sudah matang yang bisa dipanen. Diolah menggunakan metode giling basah (wet-hull method). Setelah kopi disangrai, disarankan untuk didiamkan selama beberapa hari terlebih dahulu sebelum dihaluskan. 

Terdapat 3 varian rasa yang biasanya ditawarkan kopi arabika toraja ini yaitu rasanya yang ringan, fruity, dan beraroma khas seperti rempah-rempah. Banyak orang yang mengkombinasikan antara kopi arabika toraja dengan torabika toraja untuk mendapatkan rasa yang lebih unik. 

 

Karakter dan Ciri-Ciri Kopi Toraja

Bentuk dan ukuran dari kopi toraja tidak teratur dengan memiliki warna coklat tua. Bentuk serta aroma yang sangat harum dan khas membuat kopi toraja ini mudah dikenali. Cita rasa kopi ini memiliki aroma buah serta tidak terlalu pahit saat dikonsumsi. Rasa lebih ke cokelat dan earthy. Tingkat keasamannya pun cukup rendah. Ketika minum kopi toraja ini, mulut akan mendapatkan sensasi rasa yang menempel dilangit-langit. 

Kopi toraja jenis arabika lebih terkenal dibandingkan robusta. Bahkan orang-orang hanya mengetahui bahwa kopi toraja adaah varian dari arabika. Lokasi tanamnya yang sangat mendukung serta kopi toraja varian arabika ini memiliki tingkat keasaman dan kadar kafein yang lebih rendah jika dibandingkan dengan kopi robusta toraja. Jenis arabika kebanyak lebih jual sebagai green bean sedangkan robusta diolah sebagai bahan kopi instan dan oleh-oleh khas. 

Jika menyukai rasa yang pekat, sajikan dengan cara tubruk atau espresso dan jika kamu ingin rasa yang agak ringan, bisa menyeduh dengan cara pour over

 

Perbedaan kopi toraja arabika dan robusta

Rasa dari kopi toraja arabika memiliki banyak varian seperti manis dan lembut, kuat dan tajam. Memiliki aroma kopi seperti buah-buahan dan bunga. Jumlah biji kopi dan kafein yang dihasilkan lebih rendah daripada robusta. Kopi toraja arabika lebih populer dari robusta dan bisa berbuah pada suhu yang lebih dingin. 

Biji kopi toraja arabika ini cenderung bulat, besar, dan memiliki rasa yang manis, memiliki tekstur yang lebih kasar dan aroma seperti cokelat, kacang-kacangan dan tanah. Namun rasa dari kopi ini lebih ke netral. Memiliki tingkat keasaman,  kadar kafein, jumlah biji yang lebih tinggi dibandingkan jenis arabika dan dapat berbuah pada suhu yang relatif hangat. 

 

Manfaat Kopi Toraja

Selain memberikan manfaat seperti halnya pada kopi secara umum, kopi toraja memiliki manfaat lain seperti:
  • Mampu membuang lemak jenuh didalam tubuh
  • Memperlancar peredaran darah
  • Melindungi tubuh untuk tetap bugar
  • Menghilangkan rasa nyeri
  • Meningkatkan kecerdasan pada otak
  • Memperkuat tulang
Melihat harga kopi toraja robusta di marketplace, untuk kemasan yang siap seduh (kopi bubuk) berkisar diharga 100rb-200rb perkilo. Sedangkan untuk harga kopi toraja arabika berkisar 100rb-400rb perkilo. Sebagai pecinta kopi, kamu harus mencoba kopi toraja ini, baik membeli kemasan siap seduh maupun langsung datang ke Sulawesi selatan.

Join the Conversation

  1. Avatar

1 Comment

Leave a comment

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *