Review IDN App: Meningkatkan Literasi Baca Melalui Digital Dengan Aplikasi Informasi Terkini

Bukan menjadi aib lagi, bahwa literasi minat baca di Indonesia memanglah sangat rendah. Data analisis dari sebuah lembaga mungkin saja tidak akurat tapi semua itu akan tergambar / terlihat jelas ketika melihat realita kehidupan masyarakat yang kesulitan dalam memfilter informasi. Sehingga berita hoax yang sengaja dibuat lebih mudah disebarkan dan mendapatkan attention lebih di Indonesia.

Penelitian dilakukan oleh UNESCO pada tahun 2016 mengenai kebiasaan membaca terhadap 61 negara dan mendapatkan hasil bahwa Indonesia berada di peringkat ke-60 tepat berada 1 peringkat diatas Botswana (salah satu negara di Afrika). Hasil studi yang dipublikasikan ini dinamai “The World’s Most Literate Nations”.

Tentu sebuah fakta ini sangat mengejutkan. Bagaimana tidak, Indonesia dinilai memiliki kebiasaan membaca sangat rendah bahkan presentase nya berada di angka 0,001% yang artinya dari 1000 orang hanya 1 orang yang memiliki literasi tinggi / rajin membaca.

membiasakan membaca buku

Menurut Sulistyo-Basuki (1991:7) tingkatan kemampuan membaca dibedakan menjadi 7 tingkatan berdasarkan kegiatan membaca di masyarakat diantaranya :

  • 1. Orang yang tidak mampu membaca sama sekali;
  • 2. Orang yang memiliki kemampuan teratas dalam membaca;
  • 3. Orang yang sedang belajar dalam membaca;
  • 4. Orang yang melek huruf namun tidak membaca kecuali membaca bacaan terbatas pada kehidupan sehari-hari;
  • 5. Orang yang melek huruf namun bukan pembaca buku;
  • 6. Orang yang melek huruf namun bukan pembaca yang tetap;
  • 7. Orang yang melek huruf serta merupakan pembaca buku yang tetap.

SCONUL (Standing Conference of National and University Libraries) di Inggris mengembangkan sebuah model konseptual yang disebut Seven Pillars of Infomation Literacy. Model Konseptual adalah suatu diagram dari satu set hubungan antara faktor-faktor tertentu yang di yakini memberikan dampak terhadap suatu target kondisi.

Terdapat 7 pilar dengan 2 himpunan yaitu:

(a) Mengetahui bagaimana menentukan lokasi informasi serrta mengaksesnya, terdiri dari 4 pilar yaitu:

Pilar 1 Merekognisi  kebutuhan informasi, mengetahui apa yang telah diketahui, mengetahui apa yang tidak diketahui dan mengidentifikasi kesenjangan antara yang diketahui dengan yang tidak diketahui

Pilar 2 Membedakan cara mengatasi kesenjangan, mengetahui sumber informasi mana yang paling besar peluangnya memuaskan kebutuhan

Pilar 3 Membangun strategi untuk menentukan lokasi informasi. Contoh bagaimana mengembangkan  dan memperbaiki strategi penelusuran yang efektif

Pilar 4 Menentukan lokasi dan akses informasi, mengetahui bagaimana mengakses sumbert infotmasi dan memeriksa alat untuk akses dan temu balik informasi.

(b) Mengetahui bagaimana memahami serta menggunakan informasi terdiri dari 3 pilar yaitu:

Pilar 5 Membandingkan dan mengevaluasi, mengetahui bagaimana mengases relevansi dan kualitas informasi yang ditemukan

Pilar 6 Mengorganisasi, menerapkan dan mengkomunikasikan, mengetahui bagaimana merangkaikan informasi baru dengan informasi lama, mengambil tindakan atau membuat keputusan dan akhirnya bagaimana berbagi hasil temuan informasi tersebut dengan orang lain

Pilar 7 Sintesis dan menciptakan, mengetahui bagaimana  mengasimilasikan informasi dari berbagai jenis sumber untuk keperluan menciptakan pengetahuan baru

Keterbatasan akses terdahulu yang diterima masyarakat Indonesia membuat mereka harus menghilangkan pikiran untuk menyukai membaca. Walaupun sampai saat ini dipelosok masih belum mendapatkan akses untuk bisa meningkatkan literasi mereka. Sedangkan dikota-kota perpustakaan semakin sepi dan minat baca terutama terhadap buku masih rendah.

Solusi dalam meningkatkan minat literasi membaca di Indonesia, harus merambah ke dunia digital dimana kita sebagai pemilik/pembuat konten menyediakan informasi-infomasi menarik yang mendidik dan memberikan pengetahuan baru bagi pembacanya.

Bagaimana cara membiasakan diri untuk meningkatkan literasi

Mulai Menanamkan Pentingnya Membaca

Sebuah pepatah mengatakan “Buku adalah jendela dunia, membaca adalah kuncinya” artinya ketika kita dipermudah dengan sumber bacaan yang ada dimana-mana lalu kita tidak mengolahnya (membaca) maka tidaklah cukup untuk bisa mengetahui apa yang ada di dunia. Pengetahuan harus selalu di upgrade apapun itu dan salah satu langkah memulainya adalah membaca.

Membiasakan untuk mendekatkan diri dengan buku-buku

Walaupun memang membaca bisa dimana aja, akan sangat berbeda jika harus dibandingkan antara membaca di sebuah alat elektronik dengan buku. Jika membaca buku, tubuh ter-suggest untuk mencerna isi bacaannya sedangkan di sebuah layar kamu hanya bermain-main saja dan cederung melihat poin langsung tanpa melihat penjelasan.

Cobalah setidaknya kamu memliki 1 buku entah itu novel atau apapun itu yang disukai dan membaca sebelum kamu tidur. Dibaca ya bukan dilihat dan dibuka-buka halamannya saja.

Berusaha setidaknya membaca 1 artikel setiap hari

Meningkatkan pengetahuan harus dilakukan agar hari ini lebih baik dari kemarin. Jika kamu seharian memegang ponsel, luangkan beberapa menit untuk membaca artikel-artikel dari penyedia informasi di internet seperti IDN Times ataupun melalui aplikasinya IDN App.

Mengapa Merekomendasikan IDN App?

Tampilan yang Clean dan User Friendly

Bagi pengguna baru yang mendownload IDN App cukup mudah melakukan proses login bisa menggunakan facebook ataupun akun google juga. Tidak hanya itu, dari proses login/register hingga ke menu utama tidak memerlukan banyak tahap sehingga akan membuat user baru menjadi nyaman.

Tampilan yang tertata menjadi nilai lebih karena kita sebagai user semakin mudah dalam melihat berita-berita terbaru tanpa takut ketinggalan informasi karena berita terkini ditampilkan di newsfeed halaman utama.

Aplikasi Berita Terkini ini memiliki fitur scrolling dimana untuk memuat berita tidak perlu melakukan refresh tinggal scroll aja terus kebawah maka akan memuat berita lainnya secara otomatis.

tampilan idn app menarik

Berbagai Macam Topik atau Kategori

IDN App menyediakan berbagai macam topik dan kategori yang bisa dipilih berdasarkan ketertarikan kamu. Sehingga berita atau informasi for you akan menyesuaikan mulai dari:

  • NEWS: Berisi berita terkini atau berita terbaru seputar hukum, politik, keamanan dan topik lainnya baik di Indonesia maupun Dunia dengan akurat dan terpercaya.
  • BISNIS: Mencakup kumpulan berita tentang pengetahuan bisnis generasi millenial yang meliputi ekonomi pemerintah dan keuangan dunia.
  • OTOMOTIF: Membahas tentang informasi otomotif seputar motor dan mobil baik informasi modifikasi maupun cara berkendara.
  • SPORT: Mengenai informasi terbaru tentang dunia olahraga seputar sepak bola dan macam-macam olahraga lainnya baik di Indonesia maupun dunia.
  • SOCCER: Berita seputar sepak bola, jadwal hasil pertandingan liga Indonesia, Timnas Indonesia, Liga Italia, Liga champion dan Liga-liga sepak bola yang lainnya.
  • TRAVEL: Berisi berita mengenai destinasi wisata didunia, informasi unik, fakta objek wisata, tips traveling dan lainnya seputar tempat wisata dan rekreasi generasi millenial.
  • TEKNOLOGI: Berita terkini seputar informasi review gadget, game, tips dan trik pengetahuan tentang teknologi.
  • FICTION: Berisi karya tulis fiksi berupa cerpen dan puisi dari community writer IDN Times. Kamu juga bisa menjadi salah satu kontributor penulis disini.
  • LIFE: Artikel motivasi hidup yang berisi seperti inspirasi, kreativitas, hubungan, wanita, keluarga pendidikan dan karir.
  • HYPE: Berisi berita viral dan unikm seperti topik-topik humor, entertainment, fun fact, dan throwback khusus.
  • HEALTH: Artikel Kesehatan dan informasi kesehatan baik tentang pendidikan sex dan dunia fitnes agar menghasilkan tubuh yang sehat dan jiwa yang bugar.
  • FOOD: berisi informasi tentang makanan sehat, rekomendasi tempat makan, resep makanan dan menu diet sehat.
  • SCIENCE: Kumpulan artikel sains terbaru termasuk penemuan dan penelitian.
  • MEN: Artikel seputar pria mengenai attitude, style, fashion, wanita idaman dan cara merawat diri.
  • QUIZ: Berisi quiz-quiz menarik yang akan memacu generasi millenial untuk menjawab setiap pertanyaan yang diberikan. Cocok banget buat yang pengen killing time.

Memiliki banyak section untuk di pilih

Akan ada pilihan section yang bisa kamu pilih untuk dibaca berdasarkan section yang ada mulai dari semua, tanya jawab, rekomendasi, untukmu, terbaru, topik, populer, unik . Setiap section memiliki berita atau informasi yang menarik, unik dan akan menambah pengetahuan deh.

section idn app
mode malam idn app

Terdapat Mode Malam

Bagi kamu yang merasa lebih lelah ketika melihat layar yang cerah atau putih maka bisa melakukan perubahan pada pengaturan untuk menjadikan IDN App menggunakan mode malam. Caranya cukup mudah, pergi ke profile, tekan icon setting, lalu pada mode malam tekan on. Maka seketika akan berubah menjadi mode malam

Menjadi Penulis di IDN App

Bagi kamu yang menyukai menulis, membuat artikel dan lainnya bisa banget loh buat menjadi kontibutor penulis di IDN Times/IDN App.Caranya mudah tinggal tekan tanda + yang ada dibawah lalu tekan tulis artikel. Selanjutnya silahkan isikan dengan tulisan yang ingin kamu buat, struktur penulisan sudah disediakan disana.  Semakin banyak artikel dan views semakin banyak juga poin yang bisa kamu dapatkan dan bisa melakukan redeem atau tukar poin.

Untuk melakukan redeem atau klaim poin pun cukup mudah, tinggal pergi ke menu profile kemudian tekan redeem. Tinggal tukarkan poin yang kamu punya dengan uang yang akan ditransfer ke rekening yang terdaftar.

kontributor idn app

Bagaimana Kualitas Artikel di IDN App?

Setiap artikel yang dipublish di IDN Times selalu berkualitas karena tulisan yang dikirimkan oleh penulis/kontributor melalui tahap pengecekan dari pihak IDN Times sehingga tulisan yang lolos adalah tulisan yang memang sesuai dengan ketentuan. Jadi bisa di simpulkan bahwa informasi yang diberikan bisa dipercaya.

Download Aplikasi IDN App melalui:

Penulis: Robby Jungjunan

Referensi Bacaan:

https://www.idntimes.com/tech/trend/izza-namira-1/review-aplikasi-idn-app/8

https://journal.unesa.ac.id/index.php/jpi/article/view/140

https://edukasi.kompas.com/read/2019/06/23/07015701/literasi-baca-indonesia-rendah-akses-baca-diduga-jadi-penyebab

https://sulistyobasuki.wordpress.com/2013/03/25/literasi-informasi-dan-literasi-digital/

Artikel ini diikutsertakan dalam lomba “Review IDN App”. Semoga memberikan manfaat bagi kita semua dalam meningkatkan literasi baca melalui informasi digital.

Support kopiberjajar.com agar selalu bisa konsisten memberikan manfaat seputar kopi dan hal lainnya.