Mengenal Grinder Kopi, Mulai dari Jenis-Jenis Hingga Cara Memilih

Share on facebook
Share on google
Share on twitter
Share on linkedin

Grinder kopi merupakan sebuah alat untuk mengekstraksi aroma dan rasa dari biji kopi yang memungkinkan bisa menyeduh kopi dengan kualitas yang tinggi. Dengan menggunakan alat penggilingan kopi, pembuat bisa menentukan ukuran kehalusan biji kopi, setiap tingkat kehalusan menentukan rasa.

Memiliki alat pembuat kopi dirumah menjadi keinginan bagi pecinta kopi. Untuk coffee grinder, terdapat dua jenis yaitu grinder kopi manual dan grinder kopi elektrik.

Biasanya grinder manual hanya digunakan untuk belajar membuat kopi bagi pemula maupun sekedar membuat kopi dirumah karena jika digunakan di coffee shop tingkat produksi nya yang rendah sehingga akan membutuhkan waktu yang lama untuk menyajikan beberapa cangkir dalam satu waktu.

 

Grinder Kopi Manual

 

kopi grinder manual
Pixabay.com

Seperti pada namanya, grinder manual sebuah alat penggiling yang harus digunakan secara manual. Walaupun terlihat lebih sederhana dari grinder elektrik namun pada grinder manual kamu harus menciptakan sendiri kehalusan dari biji kopi yang mungkin ukuran kehalusannya akan berbeda-beda setiap kamu melakukan proses penggilingan.

Jika anda adalah seseorang yang suka berpergian dengan membawa biji kopi untuk menemani setiap pagi, sewaktu-waktu kamu akan membutuhkan alat yang portabel salah satunya grinder kopi manual. Berbeda dengan grinder elektrik yang membutuhkan daya listrik setiap kali akan digunakan.

Pada alat penggilingan manual, kamu hanya perlu mengeluarkan tenaga untuk menghaluskan biji kopi yang kamu punya. Grinder kopi manual juga biasanya digunakan bagi kamu yang ingin menikmati setiap proses pembuatan kopi.

 

Apa yang harus dipertimbangkan ketika mencari grinder kopi manual?

1. Ukuran grinder

Bagi kamu yang menyukai bentuk yang mudah untuk dibawa kemana-mana serta ukuran yang tidak memakan tempat di tas maka bentuk coffee grinder portable menjadi pilihan. Karena bentuknya yang ramping sehingga mudah disimpan dan digenggam. Tapi jika hanya menggunakan dirumah saja, memiliki grinder kopi yang lebih lebar dan memiliki bobot yang lebih berat serta terlihat vintage akan lebih menarik.

2. Kapasitas

Mungkin jika kamu sering menggunakan alat penggiling kopi sendirian, menggunakan coffee grinder yang menampung untuk satu cangkir kopi tidak masalah. Tapi ketika kamu harus menyajikan untuk beberapa cangkir sekaligus, siapkan tenaga anda untuk menggiling terus menerus untuk beberapa orang. Atau belilah coffee grinder manual yang memiliki kapasitas lebih besar.

3. Kualitas bahan

Berbahan stainless steel dan plastik yang cocok buat kamu yang sering mebawa alat ini kemana-mana. Stainless steel cenderung mudah untuk dibersihkan ketika selesai digunakan. Dan beli grinders kopi bahan keramik jika kamu selalu menggunakannya hanya saat dirumah.

Cobalah sedikit mengeluarkan budget lebih untuk membeli grinder kopi manual yang memiliki burr grinder karena bisa mengatur konsistensi penggilingan secara presisi.

4. Setiap part grinder mudah ditemukan

alat alat kopi manual

Biasanya hanya grinder kopi elektrik yang mendapatkan jaminan dan maintenance yang baik, untuk grinder manual sendiri beberapa merk yang menyediakan garansi hingga 1 bulan. Oleh karena itu, cukup rugi jika baru menggunakan beberapa kali sudah rusak atau beberapa bagian sudah tidak berfungsi.

Cobalah pilih alat penggiling kopi yang setiap part atau bagiannya bisa kamu temukan sehingga ketika bagian tertentu dari alat rusak, kamu hanya perlu mengganti part yang bermasalah dan tidak perlu menggantinya dengan yang baru.

 

Grinder Kopi Elektrik

 

alat pengiling kopi
Pixabay.com
Berbeda dengan grinder manual, grinder jenis yang satu ini membutuhkan daya listrik untuk menggunakannya. Cukup efektif dan praktis untuk kamu miliki karena tingkat kapasitas perproduksi yang bisa lebih banyak dari grinder manual dengan waktu yang lebih cepat serta tenaga yang tidak perlu dikorbankan. 

 

Tipe atau Sistem Grinder kopi

Blade Grinder

grinder kopi murah

Jenis ini bekerja memotong biji kopi menggunakan pisau kecil. Sistem kerjanya yang hampir sama dengan blender. Penggiling ini memiliki harga yang tidak terlalu mahal karena tekonologi penggilingan yang tidak terlalu rumit. Ukuran dari kopi yang anda buat tidak konsisten dan mungkin ada panas signifikan yang diciptakan oleh blade grinder sehingga membuat hasil kopi terasa terbakar.

Biasanya terdapat 2 jenis blade grinder yaitu yang menggunakan mata pisau lurus dan mata pisau yang melingkar. Cocok banget bagi kamu yang memiliki budget terbatas karena harganya lebih murah daripada burr grinder.

Burr Grinder

Mekanisme dari penggiling kopi yang satu ini memakai roda bergigi atau bisa disebut mortar. Mata pisau burr bisa mengatur tingkat kehalusan biji kopi secara presisi dan memudahkan dalam menyeduh kopi yang memiliki citra rasa tinggi.

Memiliki keseragaman ukuran biji kopi ketika melakukan penggilingan yang mendorong rasa yang seimbang. Memungkinkan untuk menggiling kopi ke berbagai ukuran dan grinder yang akan tetap tajam lebih lama.
Harga dari burr grinder ini lebih mahal dari blade grinder

Terdapat 2 jenis grinder burr diantaranya:

Wheel burr / Flat Burr

grinder kopi robusta
Prima-Coffee.com
Untuk burr grinder yang satu ini, roda berputar sangat cepat dan saat proses penggilingan cenderung bising. Rotas kecepatan yang lebih tinggi membuat penggiling ini lebih berantakan.

Conical Burr

jual grinder kopi
Amazon

Burr ini berputar lebih lambat dari model wheel burr sehingga dalam proses penggilingan lebih tenang dan tidak berantakan. Kamu bisa menggunakan Conical burr untuk kopi berminyak atau beraroma dan tidak akan menyumbat seperti grinders lainnya.

Untuk menentukan yang terbaik, kamu melakukan percobaan pada setiap grinder yang ada karena semua itu tergantung bagaimana kebutuhan dan budget yang dimiliki. Jika budget tidak dipermasalahkan, membeli grinder kopi elektrik dengan grinder burr sangat direkomendasikan. Anggap saja sebagai investasi pengalaman dalam proses menyeduh kopi.

Leave a comment

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *