French Press: Mengenal Sejarah, Bagian Alat, dan Proses Penyeduhan

fungsi french press
Share on facebook
Share on twitter
Share on pinterest

French Press bisa dikatakan sebagai salah satu alat penyeduhan yang paling sederhana dimana hanya memerlukan bubuk kopi dan air panas saja sebagai penunjangnya. Tidak banyak variabel yang bisa diulik namun akan sangat cocok untuk pemula dalam melakukan penyeduhan kopi untuk menggambarkan cita rasa dari kopi.

Walaupun sederhana kamu masih bisa menggunakan alat seduh kopi ini untuk melakukan eksperimen/percobaan dengan memainkan ukuran gilingan kopi untuk french press dan suhu air nya yang diharapkan bisa mengeluarkan semua rasa dari kopi yang diseduh. Sebelum ke cara penyeduhan, yuk kita pelajari mulai dari sejarah hingga proses penyeduhannya

jenis kopi yang cocok untuk french press

Sejarah French Press

Meski kita tahu masih banyak perdebatan tentang siapa yang menemukan desain pertama. Anda mungkin tidak tahu, tapi cafetiere ditemukan dan dipatenkan pertama kali di Italia, oleh desainer Italia, Milan Attilio Calimani pada tahun 1933 atau sebagian orang mengatakan pada tahun 1929.
Kemudian di tahun-tahun berikutnya french press ini disempurnakan kembali oleh seorang pria Swiss Faliero Bondanini melakukan modifikasi desain dari Attilio Calimani pada tahun 1958 dan mematenkan desain coffee plungers milik desainnya sendiri. Alat kopi ini menjadi berkembang dengan memproduksinya di sebuah pabrik klarinet Perancis Martin SA. Pada tahun 1991 akhirnya dibeli oleh Danish Bodum.

Alat seduh ini, dipopulerkan lebih jauh lagi di Eropa oleh sebuah perusahaan Inggris, Household Articles Ltd dan perusahaan Bodum dari Denmark yang bergerak sebagai produsen peralatan makan dapur.

Popularitasnya tidak menyusut sampai sekarang karena desain yang sederhana dan penggunaannya yang praktis, mudah dibongkar dan dibersihkan sehingga lebih mudah juga dalam mengganti bagian-bagian dari alat. Banyak merk french press yang terkenal saat ini dan memiliki harga yang lebih mahal seperti Hario, Bialetti, Bodum dan lainnya. Menariknya, hampir semua produk dipasaran, tidak menyimpang terlalu jauh dari desain aslinya.

 

Bagian Bagian French Press

French press terdiri dari carafe yaitu gelas atau tabung kaca yang merupakan komponen utama, Plungers adalah alat penekan yang berisi batang yang terhubung dengan filter dibawah sedangkan filter berguna untuk menyaring bubuk kopi, Handle merupakan bagian pegangan untuk bisa menuangkan kopi hasil seduhan kamu kedalam cangkir.

french press rekomendasi
Untuk produk yang saya gunakan, dibagian filter terdapat sebuah penyaring yang diapit oleh 2 buah stainless steel agar filter bekerja maksimal dan kokoh sehingga bubuk kopi diharapkan tidak ikut terbawa kedalam cangkir.

 

Bagaimana cara penyeduhannya?

Karakteristik Metode penyeduhan dengan french press menghasilkan body yang lebih tebal dan rasa yang pahit serta kesan kopi yang berminyak. Itu semua dikarenakan bubuk kopi yang telalu lama bertemu dengan air sehingga lebih banyak terekstraksi. Sehingga kamu harus benar-benar mengatur rasio nya. Lebih enak jika kopi hasil seduhannya ditambahkan dengan SKM. Berikut cara penyeduhannya dengan Ratio French press yang digunakan adalah 1:15.

fungsi french press

1. Siapkan biji kopi yang sudah digiling dengan grind size medium to course atau course sebanyak 10 gram.
2. Masukkan bubuk kopi tadi kedalam tabung kaca french press.
3. Tuang air panas dengan suhu 90 derajat celcius sebanyak 150ml air.
4. Jangan lupa kocek kopi tersebut agar bubuk kopi larut dalam air.
5. Kemudian biarkan hingga 4 menit
6. Setelah itu tekan plungers nya secara perlahan.
7. Tuang kedalam cangkir. Selamat Menikmati

Bagaimana? Apakah kamu menyukai kopi dengan alat seduh ini? Harga yang berkisar mulai dari 100 ribu tergantung merk apa yang kamu mau beli. Share keteman kamu agar mereka lebih tahu tentang alat penyeduhan ini. Komentar juga jika kamu punya french press tutorial terbaik menurut kamu.

Share this post with your friends

Share on facebook
Share on google
Share on twitter
Share on linkedin

Related Post

Leave a comment

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Ikuti Kopi Berjajar Sekarang Juga!

Dapatkan Notifikasi untuk informasi terbaru dari kami seputar kopi melalui email.

Ikuti Kopi Berjajar Sekarang Juga!

Dapatkan Notifikasi untuk informasi terbaru dari kami seputar kopi melalui email.

Home Office

Jln. Guntur Kp.Sindang Heula no 405, Sukamentri, Garut Kota, Garut. Jawa Barat. Indonesia 44116

Layanan

Informasi

Tentang

Copyright ¬© 2020 kopiberjajar.com. All rights reserved‚Äč