5 Alat Pembuat Kopi Untuk di Rumah

Share on facebook
Share on google
Share on twitter
Share on linkedin

Alat pembuat kopi dirumah – Kebutuhan seseorang terhadap kopi semakin meningkat terlebih ketika kamu tidak bisa pergi keluar rumah karena sesuatu hal. Untuk bisa tetap mendalami kopi mulai dari proses pembuatan hingga menikmati kopi salah satu solusinya adalah dengan memiliki alat penyeduh kopi sendiri.

Untuk menunjang gaya hidup tanpa perlu keluar rumah, membeli alat penyeduh kopi bisa menghemat pengeluaran untuk pergi ke kedai kopi. Inilah alat pembuat kopi untuk dirumah dengan harga yang terjangkau.

 

1. Grinder

alat pembuat kopi untuk pemula

Grinder merupakan alat untuk menghaluskan biji kopi. Terdapat 2 jenis grinder yaitu manual dan elektrik. Setiap grinder memiliki mekanisme yang berbeda untuk menghaluskan biji kopi.

Dengan menggunakan grinder, pecinta kopi bisa menentukan tingkat kehalusannya sendiri sehingga citra rasa yang dihasilkan bisa sesuai dengan selera masing-masing.

Pada grinder manual, cocok banget bagi pecinta kopi yang senang untuk menghayati setiap proses pembuatan kopi. Mulai dari aroma saat proses penggilingan bisa selalu dinikmati.

 

2.  Moka Pot

cara membuat kopi ala barista

Moka pot merupakan salah satu alat pembuat kopi untuk dirumah dimana sistem kerjanya air yang mendidih pada tabung bawah akan naik ke tempat kopi bubuk dan kemudian dialirkan ke tabung atas.

Penyeduhan dengan moka pot menghasilkan kopi yang kental karena rasio air lebih kecil dibandingkan dengan kopi. Moka pot merupakan alat yang paling populer hingga saat ini serta menjadi cikal bakal mesin espresso yang ada pada saat ini. Cocok banget bagi pecinta kopi untuk digunakan di rumah, harganya yang relatif tidak terlalu mahal.

 

Berikut cara menggunakan moka pot:

1. Masak air hingga mendidih

2. Air mendidih tadi masukkan ke tabung bawah/wadah seduhan air.

3. Masukkan bubuk kopi ke funnel/corong kopi hingga penuh dan ratakan. Bubuk kopi jangan ditekan dan dimasukkan secara perlahan.

4. Pasang funnel dengan tabung bawah, kemudian pasang juga tabung atasnya/coffee collector.

5. Kemudian masak diatas api kecil.

6. Maka kopi akan muncul secara perlahan di coffee collector.

7. Terakhir tinggal tuang dicangkir kesanganmu.

 

3. Pour Over

bahan dan alat membuat kopi

Pour over atau filter merupakan metode penyeduhan kopi dengan mekanisme mengalirkan air kedalam bubuk kopi didalam filter/pour over yang kemudian akan turun kedalam pot saji.

Pour over tidak hanya identik dengan V60 keluaran Hario, terdapat juga filter/pour over kalita, chemex dan lainnya. Metode pour over juga sangat populer dikalangan pecinta kopi dan para coffee shop juga menawarkan dengan metode ini. Pour over juga sangat cocok untuk kamu gunakan dirumah.

 

Untuk penggunaan metode pour over sebagai berikut:

1. Siapkan kertas filter dan bahan-bahan lainnya seperti bubuk kopi, air, alat pour over dan carafe (wadah untuk menyimpan hasil seduhan kopi)

2. Masukkan dan letakkan kertas filter sesuai dengan bentuk alat pour overnya (biasanya berbentuk kerucut).

3. Siram kertas filternya terlebih dahulu menggunakan air panas secara merata, pembilasan ini untuk menghilangkan residu yang terdapat pada filter. Pastikan juga membuang air yang bekas dipakai untuk mencuci filter.

4. Siapakan bubuk kopi yang akan diseduh, biasanya sekitar 30 gram dengan takaran air sesuai selera. Biji kopi digiling tidak terlalu halus

5. Kita akan melakukan blooming terlebih dahulu, masukkan bubuk kopi tadi kedalam filternya. Kemudian tuangkan air panas ke bubuk kopi secara perlahan.

6. Tuangkan air panas sedikit Gerakan untuk menuangkannya pun dimulai dari tengah kemudian berlanjut dengan gerakan melingkar lalu diamkan selama 30-40 detik hingga terserap kebagian dasar kopi. biarkan hasil seduhan menetes ke carafe.

7. Siram kembali dengan gerakan yang sama lalu diamkan selama 30-40 detik. Setiap satu kali gerakan melingkar, diamkan beberapa saat untuk mendapatkan hasil yang maksimal.

8. Ulangi dengan sisa air yang ada. Sebenarnya untuk takaran tidak ada standarnya tinggal menyesuaikan dengan selera masing-masing. Semakin sedikit air, semakin pekat rasa kopinya.

*Selama proses ini lakukan diatas timbangan digital untuk mengontrol jumlah air yang dituangkan keatas bubuk kopi

 

4. French Press

Seperti manual brew lainnya, alat french press akan menghasilkan rasa dan aroma kopi yang pekat disesuaikan dengan selera. Pada french press tidak membutuhkan filter dalam proses penyeduhan serta sangat gampang untuk digunakan karena tidak memerlukan keahlian khusus.
paket alat kopi manual

Bagaimana panduan menggunakan french press sebagai berikut:

1. Siapkan peralatan yang dibutuhkan seperti alat french press, grinder, biji kopi, cangkir.

2. Panaskan air hingga mendidih di suhu sekitar 90℃. Sambil menunggu air, giling biji kopi dengan tingkat gilingan sesuai selera. Namun biji kopi yang terlalu kasar dan juga terlalu halus akan memengaruhi rasa terlalu asam ataupun terlalu pahit.

3. Bilas terlebih dahulu french press dengan air panas untuk mempertahankan suhu dari kopi nantinya agar tidak mudah turun.

4. Masukkan bubuk kopi kedalam french press dan siram dengan air panas 1/4 takaran air yang kamu ambil. Diamkan selama 30-40 detik (kopi akan mengalami proses blooming).

5. Kemudian tuangkan sisa air yang ada, kemudian aduk. Setelah itu, diamkan selama 4 menit.

6. Setelah itu, tekan plunger dengan tangan secara perlahan sampai ke ujung. Plunger ini berfungsi untuk menahan dan memisahkan bubuk kopi.

7. Terakhir tinggal tuangkan pada cangkir kesayangan kamu.

 

5. Vietnam Drip

vietnam drip kopi

Vietnam drip merupakan alat penyeduh kopi yang terdiri dari saringan bawah, cangkir, saringan atas (tamper) dan penutup. Tamper berfungsi untuk menekan kopi ketika iar panas dituang sehingga saripati kopi bisa keluar.

Kopi yang menggunakan vietnam drip biasanya adalah kopi robusta dengan susu kental manis sebagai pemanis kopi agar rasa tidak terlalu pahit.
Inilah cara menyeduh kopi menggunakan vietnam drip sebagai berikut:

1. Tuangkan susu kental manis pada cangkir sekitar 2-3 sdm.

2. Kemudian letakkan dripper diatas cangkir.

3. Masukkan bubuk kopi sesuai selera lalu tekan tamper.

4. Tuang air panas paa dripper dengan suhu sekitar 90℃. Biarkan kopi menetes ke cangkir.

5. Terakhir kamu tinggal aduk. Bisa tambahkan es batu jika kamu lebih suka kopi vietnam drip dingin.

Semua alat pembuat kopi untuk dirumah yang direkomendasikan cenderung memiliki bentuk yang mudah dibawa dan tidak ringkih. Dalam penggunaannya pun tergolong mudah untuk menyeduh kopi serta ramah terhadap pecinta kopi pemula. Menikmati kopi kini bisa dirasakan dimana saja dan kapan saja selama kamu memiliki alat penyeduh kopi ini.

Leave a comment

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *